Jual Tas Vespa|Jaket Vespa|Topi Vespa|Harga Murah Bandung

Sejarah Vespa di Indonesia dan Paska Kemerdekaan

Sejarah Vespa di Indonesia dan Paska Kemerdekaan

in Blog | 0 comments

Sejarah Vespa di Indonesia dan Paska Kemerdekaan

Jika Anda pecinta Vespa, Anda pasti tahu vespa Kongo. Vespa ini merupakan Vespa legendaris bagi Indonesia. Motor Vespa model ini lekat sekali dengan sejarah Vespa di Indonesia. Motor Vespa model ini juga erat kaitannya dengan sejarah perkembangan kemerdekaan Indonesia usai mendeklarasikan kemerdekaannya.

Vespa Kongo merupakan Vespa yang diberikan kepada pasukan Indonesia yang ikut serta dalam menjaga perdamaian PBB di Mesir. Bung Karno pada waktu itu membentuk tim yang pertama kali ikut serta dalam membantu perdamaian PBB di wilayah mesir. Pasukan yang berangkat ke Mesir tersebut kemudian diberikan penghargaan sebuah Vespa Kongo.

Sejarah Vespa di Indonesia berawal dari adanya masalah di Mesir. Tepatnya pada tahun 1956, pasukan Prancis, Israel, dan juga Inggris akhirnya ditarik mundur oleh PBB. Keputusan ini menjadi langkah PBB untuk mengakhiri kisruh di negeri Piramid tersebut. Bung Karno pun menjadi salah satu pendukung keputusan PBB tersebut. Beliau tidak hanya mendukung keputusan PBB tersebut melalui ucapan saja, tapi juga tindakan. Beliau mengirimkan pasukan untuk menjaga perdamain PBB di Mesir di mana pasukan tersebut diberi nama Kontingen Garuda atau Konga. Sebenarnya, ada beberapa kali pasukan ini dikirim dalam rangka ikut serta mewujudkan perdamaian Internasional. Konga yang pertama dikirim ke Kongo pada tahun 1956. Kongo II yaitu pada tahun 1960 di berjumlah 1.074 orang. Sedangkan Kongo III dikirim pada tahun 1962 dengan jumlah pasukan 3.457.

Setelah para pasukan selesai menjalankan tugas, pasukan Garuda menerima penghargaan Vespa. Inilah awal sejarah Vespa di Indonesia dimulai. Vespa tersebut dinamakan Vespa Kongo. Setelah misi tersebut, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan Vespa ini. Pada waktu itu, banyak sekali Vespa tipe kongo yang berseliweran di jalan raya. Vespa model tersebut akhirnya sangat terkenal.

Sebenarnya, ada banyak sekali Vespa Kongo lantaran banyak pasukan yang mendapatkan penghargaan tersebut. Untuk itu, ada elemen yang membedakan antara Vespa satu dengan Vespa yang lain, yaitu nomor prajurit pada sisi sebelah kiri handlebar atau stang yang berbentun oval. Ciri khas dari motor Vespa model ini adalah bagian belakang yang bulat menyerupai telur. Oleh karena itu, Vespa Kongo ini juga sering disebut sebagai Vespa ndog (telur).Sejarah Vespa di Indonesia motor kongo

Vespa ini tidak ubahnya sebagai pangkat karena jasa prajurit.  Oleh karena itu, Vespa Kongo ini termasuk Vespa model khusus. Ternyata, Vespa Kongo ini tidak diproduksi oleh Italia, melainkan Jerman. Ada beberapa hal yang berbeda dari Vespa dengan Vespa buatan Italia. Vespa Kongo ini terbuat dari bahan baku plat baja. Kekuatannya lebih besar daripada plat baja yang diterapkan pada Vespa lain pada umumnya. Selain itu, Vespa ini juga dilengkapi dengan beberapa perlengkapan yang lebih komplit dari Vespa buatan Italia. Ini yang menjadikan Vespa Kongo ini sangat istimewa.

Adalah Jacob Oswald Hoffmann yang menjadi pembuat Vespa ini. Ia pun menjadi orang penting di mana ia berhasil memasukkan Vespa ke Jerman. Akan tetapi, kerjasama antara Hoffmann dengan Vespa tidak berjalan lama. Di tahun 1955, Hoffmann pecah kongsi dengan Vespa. Hal ini lantaran Hoffmann mendesain Vespa dengan desain yang lebih sporty. Singkat cerita, ketika akhirnya Piaggio dan Martial Fane Organization melakukan kerjasama dan mendirikan Vespa GmbH Augsburn pada tahun 1958, Indonesia mulai mengorder Vespa yang kemudian di namakan Vespa Kongo. Inilah kenapa Sejarah Vespa di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari sejarah paska kemerdekaan Indonesia.

Incoming search terms:

  • vespa kongo
  • ciri ciri vespa kongo
  • vespa ndog
  • vespa telur
  • ciri-ciri vespa telur
  • kenapa dinamakan vespa
  • paska kemerdekaan
  • Vespa bung karno
  • vespa kongo bung karno
  • vespa pbb

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>